Tip Memotret ala Bookstagram

Instagram menjadi salah satu aplikasi gawai yang paling terkenal dan banyak digunakan saat ini. Sekadar informasi, Instagram merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya mengambil foto, melakukan filter digital, dan membagikannya ke berbagai jejaring sosial.

Kehadiran Instagram rupanya bisa menciptakan begitu banyak komunitas hobi. Salah satunya, bookstagram. Bookstagram adalah komunitas pencinta buku di instagram. Secara teratur anggota komunitas ini berbagi foto buku-buku. Kalau berbicara berbagi foto di instagram, bisa dibilang tak ada foto yang biasa-biasa saja. Termasuk foto-foto buku dengan tagar #bookstagram yang bak karya seni karena keindahan dan keunikannya. Keindahan foto-foto buku ini bisa dilihat di Instagram dengan mencari menggunakan tagar #bookstagram #bibliophile #bookish atau #booklover.

Tertarik menjadi seorang bookstagrammer, atau sekadar ingin tahu tip mengambil foto ala bookstagrammer? Berikut ini tip-tip mudah mengambil foto buku agar seartistik postingan bookstagram.

  1. Lighting

Hal paling penting dalam mengambil gambar adalah pencahayaan atau lighting. Pencahayaan yang baik akan menghasilkan foto yang bagus pula. Pencahayaan terbaik adalah pencahayaan alami dari sinar matahari.

  1. Properti tambahan

Properti tambahan akan membuat foto buku menjadi lebih menarik. Ada banyak barang yang bisa digunakan sebagai properti tambahan. Mainan, kacamata, kalung, atau bahkan camilan bisa menjadi pemanis foto. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan properti tambahan, apalagi beberapa jenis barang sekaligus agar buku tetap menjadi fokus utama foto.

  1. Lokasi dan latar belakang

Lokasi pengambilan gambar juga bisa jadi pemanis sendiri untuk foto. Apalagi di tempat-tempat yang memang memiliki keunikan seperti di pantai atau taman.

  1. Tema

Agar tidak monoton, cobalah berbagai tema. Tema buku dan makanan atau binatang peliharaan misalnya. Tema lain yang umum digunakan oleh para bookstagrammers antara lain, tema perjalanan, bunga, pakaian yang terinspirasi buku, warna tertentu dan pelangi.

  1. Penggunaan aplikasi pengeditan

Aplikasi pengeditan bisa digunakan untuk menyempurnakan foto yang sudah diambil. Beberapa aplikasi yang sering digunakan untuk menyempurnakan foto di instagram antara lain VSCO dan Snapseed.

  1. Jangan takut mencoba

Tak perlu takut mencoba ide pengambilan gambar yang terlintas di benak. Karena bisa jadi menghasilkan gambar yang unik dan berciri khas.

Sebagaimana peribahasa lama, practice makes perfect, sering berlatih akan membuat foto-foto yang kita hasilkan makin bagus. Selain itu, kita pun bisa melihat akun-akun bookstagrammer untuk mendapatkan inspirasi foto yang unik. Selamat mencoba!  (Yenni Saputri)

Leave a Reply